Indonesia

Punya Ginjal Satu Telah Mengubah Hidup Vidi Aldiano

Suara.com - Penyanyi Vidi Aldiano kini hidup dengan satu ginjal. Sebelumnya, penyanyi 30 tahun itu divonis menderita kanker ginjal stadium tiga dan melakukan operasi pengangkatan di Singapura pada 14 Desember 2019.

Kini, Vidi Aldiano merasa sehat meski hidup dengan hanya satu ginjal. Meski telah kehilangan satu ginjal, Vido tetap bersyukur. Malah ia tak mau menyi-nyiakan hidupnya sekarang dengan mengubah gaya hidup.

"Gue sekarang kan ginjalnya tinggal satu. Diet makanannya, semuanya yang nggak memperparah kerja ginjal gue ini. Gue juga nggak boleh kerja berat, olah raga juga nggak boleh keras, cardio aja," kata Vidi Aldiano, di channel YouTube Nikita Willy yang diunggah Jumat (5/12/2020).

Selain rajin olahraga, Vidi Aldiano juga kini menerapkan diet plant-based. Pelantun "Nuansa Bening" ini tak lagi mengonsumsi daging merah.

Baca Juga: Vidi Aldiano Bagikan Kisah Hidupnya yang Cuma Punya Satu Ginjal

Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha. [Instagram]
Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha. [Instagram]

"Daging merah kan tinggi banget kreatin. Dokter sih nggak ada yang bilang larang gue makan ikan atau ayam sih. Cuma gue kemarn yg cobain plant-based diet. Gue sekarang olahraga cuma sepeda, squash sama badminton," ujar Vidi Aldiano.

Setelah kehilangan satu ginjal, Vidi Aldiano pun tersadar bahwa kesehatan menjadi teramat penting. Vidi yang tadinya pekerja keras dan memiliki ambisi besar di dunia musik, kini menjaga kesehatan sebagai prioritas utama.

"Gue Aries, ambisius banget. Dulu gue pekerja kerasa banget. Tapi setelah itu (terkena kanker) gue merasa semua harta, karya itu nggak ada gunanya. Punya itu semua kalau nggak sehat buat apa?," tutur Vidi Aldiano.

"Dari dulu gue pengin sukses, ingin membahagiakan orang-orang sekitar gue. Tapi gimana lu mau menyayangi orang-orang yang lu sayang, kalau lu sendiri sakit. Dulu prioritas pekerjaan, sekarang diri sendiri dan orang-orang yang sayang sama gue dan gue sayang mereka juga," ucap Vidi Aldiano.

Selain itu, Vidi Aldiano juga kini tersadar dirinya disayangi banyak orang. Setelah divonis kanker, banyak penggemar yang menawarkan ginjal untuknya.

Baca Juga: Putuskan Tobat, 4 Artis Ini Dulu Gemar Dugem

"Gue merasa terharu, banyak banget yang nawarin (donor ginjal). Ada yang bilang, 'kak aku nggak butuh duit, aku cuma ingin kakak berkarya. Gue merinding. Orang random, kita nggak kenal, bisa sebaik itu," imbuh Vidi Aldiano.

Football news:

Juve director: Ronaldo's charisma and character help us. We believe in Pirlo, there are no specific expectations
Ødegaard is close to the rent in Sociedad. Ajax are also Interested in the Real Madrid midfielder
Ronaldo is being unnecessarily criticized. His partners, including Morata, are even worse. Ex-Inter player about the match with Juve
Koeman on Leonardo's words about Messi: When asked if I am Interested in Neymar or Mbappe, I would also say yes
The Pope met with Spezia and congratulated them on their victory over Roma: You won 4:2. In Argentina, we dance the tango, and this is music 2/4
The coach of the Mexican Tigres lit a cigarette during the game. He was suspended for one match
Arsenal approached Real Madrid regarding the lease of Edegra